Pasanganku, Cermin Diriku

Selama bertahun-tahun, seseorang berdoa kepada Allah untuk memberikannya pasangan, dengan kriteria yang detil dan jelas. Ia menginginkan pasangan yang baik hati, lembut, mudah memaafkan, hangat, penuh pengertian, dan membuat damai.

Namun selama bertahun-tahun itu pula Allah tidak pernah memberikannya pasangan. Aneh, padahal ia telah meminta dengan sungguh-sungguh, dengan segala bentuk pengorbanan menyelarasinya. Shalat malam, puasa, sedekah, ia lakukan.

Suatu malam, Ia berdoa: “Ya Allah kenapa Engkau tidak kunjung mengabulkan doaku?”. Berulang-ulang ia berdoa itu melupakan permintaannya akan pasangan idealnya. Akhirnya Allah menjawab melalui hatinya,” HambaKu, Aku tidak dapat memberikan apa yang engkau minta“. Ia bertanya lagi: “Kenapa ya Allah Engkau tidak dapat memberi, bukankah Engkau Maha Berkuasa?” Allah menjawab: “Karena Aku adalah Allah Yang Maha Tahu apa yang engkau tidak ketahui. Karena Aku adalah Allah Yang Maha Adil.Adalah suatu yang tidak benar dan tidak adil bagi-Ku untuk memenuhi permintaanmu. Tidaklah adil bagiKu untuk memberikan seseorang yang penuh dengan cinta dan kasih kepadamu, sementara engkau masih kasar. Tidaklah adil bagiKu memberikan seseorang yang pemurah tetapi engkau masih kejam. Tidaklah adil bagiKu memberikan seseorang yang mudah memaafkan, tetapi engkau sendiri masih suka menyimpan dendam.”

Kemudian Allah berkata lagi kepadanya, “Adalah lebih baik jika Aku memberikan kepadamu seseorang yang Aku tahu dapat menumbuhkan segala kualitas yang ada dalam dirimu. Sebuah kualitas yang Aku siapkan ketika Aku menciptakanmu. Pasanganmu akan berasal dari tulang rusukmu sendiri, dan engkau akan melihat dan menemukan dirimu sendiri di dalam dirinya, yang akan menyempurnakan setengah agamamu“.

Pernikahan adalah sekolah kehidupan. Pernikahan adalah tempat dimana kita dan pasangan kita akan saling menyesuaikan diri dan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan hati satu sama lain, tetapi lebih dari itu untuk menyempurnakan kita menjadi manusia yang lebih baik. Allah tidak akan memberikan pasangan yang sempurna karena kitapun belum sempurna. Allah akan memberikan seseorang yang dapat mengeluarkan segala kualitas yang ada dalam diri kita.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS Al Baqarah:217)

4 Responses to Pasanganku, Cermin Diriku

  1. edimarfaried says:

    Subhanallah… hari ini saya mendapatkan jawaban dari pertanyaan hati bertahun-tahun yang lalu… Terima kasih…

  2. Muhammad Haitami says:

    Terima kasih. Sebuah pemaparan cerdas dan inspiratif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: